P-R-A-M-U-K-A

by mylittlecanvas

“Salam Pramuka!”
“Salam.. Salam.. Salam..”
“Adakah pramuka di hatimu?”
“Ada!”
“Mana dia?”
“Ini dia!”

Saat SD dulu, ekskul pramuka adalah saat-saat favoritku. Bermain, menyanyi, belajar sandi-sandi, dan lain sebagainya. Karenanya saat melihat-lihat hutan sekitar desa aku langsung antusias; banyak tempat asik untuk dijelajahi!

Murid-murid sangat bersemangat setiap kali diumumkan akan pramuka. Entah itu kemping di pantai (sebutan mereka untuk pinggir sungai), memancing ikan, atau mencari buah dan jamur. Mereka terlihat kecewa saat bukan giliran mereka untuk pramuka. Dengan berat hati aku selalu membagi kegiatan menjadi kelas 3-4 dan 5-6, karena tidak efektif untuk mengajak 80 anak sekaligus ke dalam hutan.

Kali ini giliran kelas 4. Kami memutuskan untuk pergi ke Gurung Perangai. Gurung artinya batu-batu besar, dan memang banyak batu besar di sekeliling air terjun tujuan kami. Perjalanan menuju perangai memakan waktu sekitar 20 menit melewati hamparan padang rumput, hutan, dan aliran sungai. Ini termasuk tempat favoritku untuk bersantai. Suasana disana sejuk, banyak pepohonan dan akar gantung untuk dipanjat, serta bebatuan untuk tempat meloncat. Seru!

Sesampainya disana anak-anak berkumpul berdasarkan kelompok masing-masing, membuat yel-yel dan menampilkannya di depan yang lain. Anak yang paling pemalu sekalipun harus ikut maju, walau kadang suaranya tidak terdengar. Tak mengapa, yang penting dia sudah berhasil mengalahkan ketakutannya.

Beberapa permainan pun menyusul. Lomba tangan laba-laba, pesan berantai, sampai lomba berenang ke ujung kolam. Selesai  bermain, waktunya mandi! Kami semua langsung antri memanjat ke air terjun. Ada yang dari level 1 yang tingginya 4 meter, bahkan ada yang berani dari level 2. Dinginnya air diwarnai canda tawa dan pekikan gembira. Sore yang menyenangkan bagi semua! 😀

2

Hip-hip-hurrayy!!!

1

Boh kita angkat!

Menyusuri hutan dan sungai

Ha-ha-ha

Ha-ha-ha

Gurung Perangai!

Gurung Perangai!

Siapa meh huluk sampe sebrang?

Siapa meh huluk sampe sebrang?

7

8

Boh mule Kelas Pelangiku sayang

Advertisements