Let’s this Journey Begins!

by mylittlecanvas

“Bruk!” Bunyi tas yang terjatuh membangunkanku dari tidur lelap. Masih setengah bangun, aku gelagapan meraih tas yang rupanya sudah berada di kolong kursi. Rupanya kami sedang melewati jalanan yang rusak berat, bergelombang dan berlubang dalam. Ayunan bus cukup keras, membuat kami merasa seperti sedang naik perahu di atas laut yang berombak kencang.

21 jam adalah total waktu perjalanan dari Pontianak menuju Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu. Lebih lama dari waktu normal, karena di tengah jalan bus kami sempat terjebak jalan ‘amblas’ — kadang jalur satu-satunya ini runtuh dan mengakibatkan mobil/bus terperosok atau bahkan bisa terbalik menghalangi jalan. Butuh waktu sampai berjam-jam untuk meminggirkan mobil dan menimbun jalan kembali. Untunglah kemarin kami hanya perlu menunggu selama 2 jam, jauh lebih cepat dari biasanya.

IMG_0085 copy

Let’s this Journey Begin!! Tim KaHul : Ana-Andri-Aya-Izza-Furqan-Raras-Laura-Kris-Iwa-Jeffry

IMG_0165 copy

Antrian mobil yang macet total menunggu jalan amblas

Di Putussibau kami sedikit ber-amazing race, diberi petunjuk untuk berjalan ke satu titik, lanjut naik motor ke kantor kecamatan yang dekat dengan rumah dinas kami. Sesampainya di rumah dinas, kami disambut oleh PM sebelumnya. Menulis harapan, disuapi krupuk basah (makanan khas Putussibau, sejenis mpek-mpek berkuah kacang) yang langsung membuat ketagihan, serta berkenalan dengan penyala setempat. First impression buat tanah Borneo ini adalah P-A-N-A-S. Panasnya benar-benar membakar kulit! Hari pertama saja kulit kami sudah sukses berbelang ria, heheu.

Untitled-1

Welcome to Rumah Dinas Putussibau!

Tak lama kemudian kami diajak ke sebuah lapangan. Beberapa bale-bale tampak tersebar di beberapa titik. Ternyata ini adalah tempat les-lesan bahasa Inggris gratis untuk anak-anak di sekitar sana. Pendirinya Bang Alwis, yang selama 5 tahun belakangan berusaha meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karena dia merasa bahasa asing adalah salah satu kunci untuk dapat memasuki persaingan global. Kami diajak berkenalan dengan anak-anak, dan mengajar disini akan menjadi salah satu tugas kami setiap turun ke kota.

IMG_0277 copy

Sorenya kami beserta PM IV berjalan menuju Sungai Kapuas. Berhubung kemarau, sungai sedang surut. Kami duduk melingkar di atas bebatuan dan mengadakan sesi perkenalan.

IMG_0362 copy

Saat musim hujan, seluruh bebatuan ini akan tertutup air

IMG_0390

Sunset Sungai Kapuas

Selepas matahari terbenam, ditemani rembulan dan bintang-bintang yang mulai muncul kami semua nyemplung ke Sungai Kapuas, plus melakukan ritual minum airnya, yang dipercaya akan membawa kami kembali kesana. Dengan ini resmilah kami memulai petualangan di jantung Borneo! 😀

IMG_0407 copy

-Putussibau, 16 Juni 2013-

Advertisements