(Un) Real

by mylittlecanvas

Menonton televisi setiap hari membuatku terperangkap dalam simulakrum. Entahlah sejauh mana kenyataan dalam kotak kaca itu, distorsi dan perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi. Berita sepele tapi menjual akan dibesar-besarkan, sebaliknya berita yang esensial namun membosankan berakhir menjadi sekedar tagline di bagian bawah.

Wajar memang, karena manusia hanya mendengar yang ingin dia dengar, dan melihat apa yang ingin dia lihat. Sebuah kebebasan yang dalam komunitas menjadi permintaan, dan permintaan yang lebih diinginkan sebagian besar massa lah yang akan dituruti. Biasa. Hukum rimba. Kalau tidak mana mungkin Cherrybelle lebih dikenal daripada Kartini oleh hampir seluruh anak perempuan jaman sekarang.

Biarlah, toh menurut Lacan kita sudah kehilangan kenyataan (the real) sebenarnya semenjak kita menyadari ada yang lain diluar kita. Bahwa aku beda dari yang lain. Namun perbedaan itu terasa menekan karena ‘aku’ menyadari ‘yang lain’ sudah memiliki aturan yang mengikat. Bahkan akhirnya simulakrum pun terus menciptakan imaji semu yang mau tak mau harus diikuti, menciptakan utopia yang menjerat manusia bagai lingkaran setan yang tak ada habisnya.

Advertisements